PEMBINAAN AWIG - AWIG SEKEHE TRUNA

  • 25 April 2018
  • Dibaca: 1148 Pengunjung
PEMBINAAN AWIG - AWIG SEKEHE TRUNA

STT. EKA DHARMA PILOT PROJECT PEMBINAAN AWIG - AWIG SEKEHE TRUNA.

 

Sibanggede 24 April 2018.

 

Sekaa teruna-teruni merupakan organisasi pembinaan generasi muda khususnya anak yang masih berusia sekolah maupun tidak sekolah guna mendalami dan menerapkan arti pentingnya bersosial dalam masyarakat. Keberadaan Sekehe Teruna memiliki peranan penting dalam upaya melestari budaya, tradisi dan agama dalam kehidupan masyarakt di Bali. Peran Lembaga Sekehe Teruna dewasa ini sangat penting dan mendapat perhatian khusus di masyarakat terlebih lagi pemerintah. STT Eka Dharma  adalah lembaga kepemudaan yang berada di lingkungan Br. Bantas Kelod, Desa sibanggede Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung. Sebagai lembaga kepemudaan / Sekehe Teruna yang memiliki fungsi sosial dan pelestarian adat dan budaya sudah seharusnya dibina dan pertahankan keberlangsungannya.

Hal inilah yang telah dilaksakan oleh Pemerintah Kabupaten Badung lewat Dinas Kebudayaan. Perhatian Pemerintah Kabupaten Badung terhadap kenerlangsungan Sekehe Teruna ini mendapatkan perhatian serius dan intensif Dari Bapak Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. Berbagai kegiatan Sekehe Teruna sangat diperhatikan oleh Bapak Bupati Badung. Mulai dari Pelaksanaan HUT, Kegiata Pangerupukan yang identik dengan ogoh - ogoh dan  berbagai macan event lainnya yang bersifat positif.

Dengan dikucurkannya dana ke masing - masing sekehe teruna Bapak Bupati dan lembaga pemeriksa keuangan negara juga mewajibkan Sekehe Teruna meiliki Awig - awig sebagai landasan hukum / dasar dari berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh sekehe teruna bersangkutan.  Hal inilah yang akan dijadikan acuan oleh Pemerintah Kabupaten Badung untuk kedepannya mensuport berbagai kegiatan Sekehe Teruna kedepannya. Hal ini disampaikan oleh Ni Made Muliati dari perwakilan Majelis Madya Desa Pakraman ( MMDP ) Kabupaten Badung 20 April 2018 bertempat di Balai Banjar Bantas Kelod Desa Sibanggede.

Dari Sekian banyak STT yang ada dilingkungan Kecamatan Abian semal umunnya dan Desa Sibanggede Khususnya, merupakan suatu kebanggan Bagi STT Eka Dharma mendapatkan kesempatan untuk dibina dalam menyusun dan menyempurnakan Awig - awig yang telah dimiliki oleh STT tersebut. I Ketut Sudarsana menyampaikan rasa bangga dan apresiasi pada STT Eka Dharma yang telah memiliki awig - awig sebagai pedoman dan landasan dalam menjalankan organisasinya. Dan yang harus dilakukan sdkarang adalah bagaimana upaya untuk menyempurnakan awig - awig yang sudah ada kedalah pedoman yang telah disusun oleh team dari Dinas Kebudayaann Kabupaten Badung (20/04/2018).

Turut hadir dan mendampingi kegiatan tersebut Kelian Bajar Adat Bantas Kelod I Nyoman Suta dan Kelian Banjar Dinas Bantas kelod I Gede Wira Paramartha, dan Anggota STT yang sangat antusias mengikuti acara tersebut. Meskipun acaranya singkat namun nateri yang disajikan oleh pemateri sangatlah padat. I Made Wijaya Santika yang akrab dipanggil De Opo mengatakan ini adalah tugas yang harus diselaiakan dan dikerjakan sesegera mungkin, mengingat kepercayaan yang telah diberikan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung. Dipercaya sebagai Ketua STT kedepannya Tugas sebagai ketua pemuda tidaklah gampang dan juga harus dikerjakan dengan penuh tanggung jawab dan iklas sehingga STT dapat menjalankan tugas dan fungsinya sebagai lembaga kepemudaan. KIM 1 SBGD

  • 25 April 2018
  • Dibaca: 1148 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita