PENDIDIKAN UNTUK PERADABAN YANG LEBIH BAIK.

  • 02 Mei 2018
  • Dibaca: 645 Pengunjung
PENDIDIKAN UNTUK PERADABAN YANG LEBIH BAIK.

PENDIDIKAN UNTUK PERADABAN YANG LEBIH BAIK.

( Selamat Hari Pendidikan Nasional )

2 Mei 2018

pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Terlaksananya pendidikan yang berkualitas dan bermutu sudah menjadi tanggung jawab semua pihak. Bukan hanya saja Bapak / Ibu Guru disekolah melainkan juga Lingkungan dan Keluarga memiliki kontribusi yang sangat besar untuk mewujudkan hal tersebut. Dengan berbagai fenomena yang terjadi dimasyrakat saat ini dunia pendidikan memiliki andil besar didalam. Baik buruknya hal tersebut memang tidak terlepas dari keberadaan lembaga pendisikan yang ada saat ini. Sibanggede khususnya, Desa yang terletak di kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung ini memiliki lembaga Pendidikan mulai dari PAUD, TK dan SD yang berjumlah 4 Buah sesuai dengan zonasi diwilayah masing - maaing Banjar. Selain itu juga ada Lembaga Pendidikan / bimbingan belajar yang hingga saat ini maaih banyak peminatnya.

Antusiasme masyarakat untuk memingkatkan mutu pendidikan sangat terlihat nyata. Kesadaran akan pentingnya pendidikan sangat dirasakan, hal ini dibuktikan dengan banyak orang tua yang sudah menyekolah anaknya pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ). Baik itu yang berada di lingkungan Desa Sibanggede maupun di Luar Desa. Upaya untuk memulai mengenalkan pendidikan pada anak merupakan salah satu bentuk peningkatan sumberdaya manusia kedepannya. Bukan hanya itu, kesadaran setiap orang tua dan anak -anak untuk juga melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan suatu kebutuhan yang harus terpenuhi dewasa ini. Namun demikian hal yang juga harus dirubah dewasa ini adalah pola pikir masyarakat Belajar / Bersekolah Tinggi - tinggi Untuk Jadi Apa?. Belajar dan Pendidikan adalah Kebutuhan Pokok yabg harus dipenuhi untuk kita dapat berkompetensi dewasa ini ditengah perkembangan dan persaingan pasar kerja yang ada.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional perlu dijadikan memoentum untuk mengenang pentingnya pendidikan bagi kemajuan suatu bangsa ataupun masyarakat, dengan membangun pendidikan secara keseluruhan dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat secara ekonomi, sosial budaya dan agama, agar masyarakat benar - benar dapat meningkatkan pendidikannya demi kemajuan desa Sibanggede khususnya. Pentingnya pendidikan agar dapat dijadikan bekal kehidupan dimasa yang akan datang, sehingga dengan demikian kesuksesasn dimasyarakat dapat tercapai. Keluarga juga memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan yang bermutu, guru dan sekolah tidak dapat menjamin sepenuhnya keberhasilan pendidikan tersebut dapat tercapai jika tidak diimbangi dengan peranan orang tua dan keluarga secara menyeluruh karena keterbatasan waktu untuk tatap muka dengan anak.  hal ini disampaikan I Ketut Dharma Kepala Sekolah SD 2 Sibanggede yang juga sebagai Ketua Kertha Desa Sibanggede ( 2/5/2018 ).

Sudah sepantasnya pendidikan bagi generasi muda mendapatkan perhatian yang serius dari semua pihak bukan hanya saja keluarga. Undang - undang pun mengamanatkan hal yang sama. Pengelolaan dana APBN dan APBD agar juga memprioritaskan agar terciptanya Pendidikan yang menyeluruh dan berkualitas untuk dapat menciptakan peradaban yang lebih baik lagi. (KIM1SBG)

  • 02 Mei 2018
  • Dibaca: 645 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita