PERSIAPAN PEMBANGUNAN. “PEKEN DESA ADAT SIBANGGEDE” DIPINDAH SEMENTARA.

  • 11 Mei 2018
  • Dibaca: 673 Pengunjung
PERSIAPAN PEMBANGUNAN.  “PEKEN DESA ADAT SIBANGGEDE” DIPINDAH SEMENTARA.

PERSIAPAN PEMBANGUNAN.

“PEKEN DESA ADAT SIBANGGEDE” DIPINDAH SEMENTARA.

 

Sibanggede, 10 Mei 2018.

Desa Sibanggede dengan mayoritas masyarakat sebagai petani dan juga didukung oleh lahan pertanian yang  produktif tentunya sangat memiliki potensi ekonomi bagi masyarakat setempat. Dengan hasil utama pertanian berupa bunga, sebagai sarana upacara masyarakat inilah yang menjadi ciri khas dari pasar desa adat sibanggede. Pasar / peken yang memiliki bangunan utama menyerupai wantilan ini yang terletak disebelah Pura Desa ini pada Tahun 2018 akan segera dibangun dengan model bangunan yang baru.

I Made Wardana, S.Pd yang menjabat sebagai Bendesa adat Desa Sibanggede ini menyampaikan pembangunan Pasar Adat ini merupakan kelanjutan dari program kerja dan juga keputusan rapat prajuru desa yang digelar setiap bulannya, yang dituangkan dalam usulan Musrenbang Desa dan Selanjutnya diteruskan melali Usulan Musrenbang Kecamatan. Tahapan demi tahapan telah dilakukan oleh Prajuru Desa yang bekerja sama dengan Pemerintahan Desa Dinas, mulai dari pengajuan usulan hingga mendatangkan konsultan perencana yang ditunjuk langsung oleh instansi terkait dari Pemerintahan Kabupaten Badung, hingga akhirnya pembahasan gambar dan kini tinggal menunggu pembangunannya saja.

Untuk menyikapi pembangunan pasar baru ini, maka diputuskanlah merelokasi pedagang yang ada baik itu pedagang musiman dan pedagang tetap yang ada diareal Pasa Desa Adat Sibanggede sementara akan dipindahkan ke Lapangan Pura Dalem Gede Desa Sibanggede. Sudah disiapkan beberapa Kios dan Los sesuai dengan kebutuhan yang kini ada di pasar tersebut. Bangunan yang dibuat memanjang ini diharapkan mampu difungsikan sebagai pasar pada umumnya seperti yang ada sekarang. Lama kegiatan relokasi ini diprediksi akan mencapai 8 bulan lebih sesuai dengan kontrak kerja antara SKPD terkait dengan Pemenang Tender di Kabupaten.

 

  • 11 Mei 2018
  • Dibaca: 673 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita